Ikut Acara PDI Perjuangan, Sekda NTB Disorot Bawaslu

  • Bagikan

Gatanews.id, Mataram | Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi terlihat mengikuti kegiatan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dalam acara pemberian bantuan sosial di Lapangan Muhajirin Praya Lombok Tengah, Minggu (10/09/2023).

 

Sebuah video yang beredar, Sekda NTB memperkenalkan para Caleg PDIP di masyarakat yang hadir sebagai penerima bantuan sosial. Sekda juga memperkenalkan dirinya sebagai Pejabat (Pj) Gubernur.

 

Kehadiran Sekda NTB di acara berbau politik tersebut ramai menjadi perbincangan di platform digital WhatsApp grup.

 

Beberapa pihak menyoroti kehadiran Sekda NTB di acara tersebut, apalagi momen menjelang pemilu legislatif.

 

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB, Itratip, mengatakan pada prinsipnya seorang ASN sangat dilarang keras mengikuti kampanye partai atau kegiatan yang menjurus kepada kampanye karena menyangkut netralitas ASN.

 

“Jelas dan tegas soal aturan netralitas ASN,” katanya dihubungi.

 

Namun dia belum dapat memastikan kehadiran Sekda sebagai bentuk pelanggaran. Dia akan melakukan cek dan mengumpulkan bukti-bukti.

 

“Kami harus cek dulu, acaranya apa dan apakah memang ada pernyataan kampanye yang dilakukan Sekda,” ujarnya.

 

Saat ini dia mengaku belum mendapat informasi soal beredarnya video Sekda tersebut. Dia berharap jika masyarakat memiliki bukti dapat melaporkannya ke Bawaslu.

 

“Semua pihak punya hak untuk melakukan pengawasan terhadap netralitas ASN,” ujarnya.

 

Pasca diumumkan sebagai Pj Gubernur NTB, Sekda Lalu Gita sudah terlihat melakukan manuver dengan mendekati tokoh partai.

 

Dia pernah terekam kamera menyantap makan siang bersama Ketua DPD PDI Perjuangan NTB Rachmat Hidayat.

 

Bahkan dalam percakapan tersebut terdengar tengah membahas rencana mutasi OPD pada minggu pertama saat Sekda NTB bertugas menjadi Pj Gubernur NTB. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *