Gatanews.id, Semarang | Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Ossy Dermawan, menegaskan pentingnya pelayanan pertanahan yang cepat, teliti, dan akurat.
Saat berkunjung ke Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Semarang, ia mengingatkan jajaran pegawai bahwa layanan yang mereka berikan memiliki kekuatan hukum tetap, sehingga harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.
“Pelayanan yang cepat harus tetap mengedepankan ketelitian dan kehati-hatian. Produk yang dikeluarkan Kementerian ATR/BPN memiliki dampak hukum jangka panjang. Oleh karena itu, pegawai harus semakin teliti, akuntabel, dan mempertimbangkan manajemen risiko,” ujar Ossy Dermawan, Jumat (03/01/2025).
Untuk mewujudkan layanan yang lebih baik, Kementerian ATR/BPN menerapkan beberapa langkah strategis.
• Peningkatan Manajemen Risiko
Pegawai diberikan pemahaman lebih dalam terkait risiko hukum dan administratif dalam proses sertifikasi tanah agar pelayanan semakin akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
• Pemanfaatan Teknologi
Digitalisasi sistem pelayanan pertanahan menjadi kunci untuk mengurangi human error dan mempercepat proses administrasi.
Dalam kunjungannya, Ossy Dermawan juga berkeliling ke berbagai ruang kerja di Kantah Kabupaten Semarang. Ia menyapa para pegawai dan memberikan motivasi agar mereka terus meningkatkan kualitas layanan.
“Saya melihat Kantah Kabupaten Semarang dan kantor pertanahan di Jawa Tengah sudah berusaha memberikan pelayanan terbaik. Namun, tentu ada hal-hal yang masih perlu diperbaiki. Saya berharap kunjungan ini bisa menambah semangat para pegawai untuk terus meningkatkan pelayanan,” ungkapnya.
Dalam kunjungan tersebut, Ossy Dermawan didampingi oleh beberapa pejabat Kementerian ATR/BPN, antara lain:
• Staf Khusus Bidang Reforma Agraria, Rezka Oktoberia
• Tenaga Ahli Bidang Percepatan Penyelesaian Isu Strategis, Hendri Teja
• Tenaga Ahli Bidang Administrasi Negara dan Good Governance, Ajie Arifuddin
• Plt. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Jawa Tengah, Sri Yanti Achmad
• Sejumlah Kepala Kantah di Provinsi Jawa Tengah
Kunjungan ini menjadi bagian dari upaya Kementerian ATR/BPN dalam memastikan seluruh kantor pertanahan di Indonesia terus berinovasi untuk memberikan layanan yang lebih cepat, teliti, dan transparan kepada masyarakat. (*)