Beda Tipis, Putri Dakka dan M. Fauzi Bersaing Ketat di Luwu Raya

Gatanews.id//Makassar//07/02/2024

Peta elektoral calon legislatif (caleg) di daerah pemilihan (dapil) 3 wilayah Luwu Raya menunjukkan persaingan yang ketat antara dua caleg dari Partai Nasdem dan Golkar, yaitu Putri Dakka dan incumbent Muhammad Fauzi. Keduanya hanya berselisih 0,5% dalam survei terbaru 6 Februari 2024 yang dirilis oleh Lembaga Survei Visi Indonesia.

Menurut data rilis kedua Peta Geopolitik Elektoral Caleg Dapil 3 khusus Wilayah Luwu Raya yang disampaikan oleh Saparuddin Santa, Putri Dakka menempati urutan pertama dengan perolehan suara tertinggi 9,2% dari 857.052 pemilih. Sedangkan Muhammad Fauzi membayangi Putri Dakka dengan perolehan suara 8,7%.

 

_*Jika dilihat dari data selisih 0,5% antara Putri Dakka dengan Fauzi, maka Putri Dakka memiliki peluang tertinggi untuk meraih suara tertinggi pada 14 Februari 2024 khusus di Luwu Raya. Hal ini dimungkinkan jika melihat  kinerja seluruh Caleg partai Nasdem di Dapil 3 di mana pada 3 Februari yang lalu Visi Indonesia merilis peta elektabilitas partai politik DPR RI Dapil 3 Sulsel dan untuk Partai Nasdem memperoleh tingkat elektabilitas tertinggi 23,3%, sedangkan Golkar hanya 18,1%.  Selisih 5,2% ini dapat menjadi kerangka kerja berkinerja tinggi bagi Tim Putri Dakka untuk bekerja memberikan efek kejut elektoral.*_

 

Persaingan antara Putri Dakka dan Muhammad Fauzi saat ini terbilang sangat sengit, “Putri Dakka harus bekerja lebih keras untuk mengamankan kursi kedua Nasdem, dan itu jauh lebih maksimal kalau menggarap basis dan kantong suara utamanya di Luwu Raya, khususnya Palopo dan Luwu Utara, karena dalam survei kami, Luwu utara akan jadi penyumbang terbesar suara untuk Putri Dakka”, ujar Saparuddin, ke awak media ,Makassar – Rabu (7/2/2024).

 

Saparuddin  menambahkan, survei yang dilakukan oleh lembaganya melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling. Survei dilakukan pada tanggal 5 – 30 Januari 2024 dengan margin of error sebesar 2,7% dan tingkat kepercayaan sebesar 95,5%.

 

Selain Putri Dakka dan Muhammad Fauzi, ada 3 caleg DPR RI dari Dapil 3 yang masuk 5 besar tertinggi. Ketiga caleg itu antara lain: Judas Amir 7,8% dari partai Nasdem, dan Partai Demokrat menduduki urutan keempat dan kelima Dewi Sartika Pasande 6,1% dan M. Dhevy Bijak 5,9%.

 

“Hasil survei ini masih bersifat sementara dan dapat berubah seiring dengan dinamika politik yang terjadi menjelang pemilu legislatif yang akan digelar pada 14 Februari 2024,” tutupnya.

Penulis: Hajar AswadEditor: Hajar Aswad / Biro Sulsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *