Peringati Hari Kanker Sedunia, RSUD Provinsi NTB Gelar Sosialisasi dan Edukasi Deteksi Kanker Sejak Dini

  • Bagikan

Gatanews.id, Mataram | Peringati Hari Kanker Sedunia, Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (RSUD Prov NTB) menggelar sosialisasi dan edukasi deteksi dini dan pencegahan kanker dengan tema ‘Close The Care Gap’.

 

Diketahui Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 04 Februari.

 

Wakil Direktur Pelayanan RSUP NTB dr. Hj. Qomarul Islamiyati, Sp.KJ dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya untuk memperingati hari kanker.

 

“Kegiatan sosialiasi dan edukasi ini selalu kita gelar setiap tahunnya, sebab angka penderita dan yang meninggal karena kanker meningkat setiap tahunnya,” katanya.

 

Ketua panitia dr Joko Anggoro, M.Sc.SpPd-KHOM menjelaskan pada tanggal 2 – 3 Februari 2024 RSUD Provinsi NTB sudah melaksanakan kegiatan skrining kanker dengan pelayanan USG.

 

“Alhamdulillah kami sudah ada gedung onkologi terpadu, jadi untuk penanganan kanker secara komprehensif secara menyeluruh itu sudah bisa dilakukan, yang penting adalah pencegahannya,” ucap dr Joko.

 

Dikatakan dr Joko, kegiatan ini juga memberikan konsultasi gratis yang diberikan oleh dokter-dokter ahli kanker RSUD Provinsi NTB.

 

Kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan bahwa di RSUD Provinsi NTB sudah bisa dilakukan deteksi maupun pemeriksaan sampai pengobatan kanker.

 

“Jadi dengan tema ‘Close The Care Gap’ kita mau memangkas jarak antara penderita kanker yang takut berobat dengan fasilitas pengobatan yang lebih baik,” katanya.

 

“Semakin dini pengobatnnya tentu angka kesembuhannya akan lebih baik lagi,” tambahnya.

 

Sementara ketua Komunitas Kanker Payudara Lombok, Baiq Eva Nurcahya Ningsih mengucapkan terima kasih kepada RSUD Provinsi NTB yang telah menyelenggarakan kegiatan edukasi dan sosialisasi kanker

 

“Kami berterima kasih dengan diadakannya kegiatan seperti ini, karena masih banyak dari masyarakat yang abai akan kanker ini,” ucapnya.

 

Dirinya juga berharap agar RSUD Provinsi NTB lebih meningkatkan pelayanan, khususnya untuk penyakit kanker agar lebih baik lagi. (gii)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *