Hari Kanker Sedunia, RSUP NTB : Tidak ada Jarak Antara Pasien dengan Pengobatan

Gatanews.id, Mataram | Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) diperingati setiap tanggal 4 Februari dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit kanker dan gejalanya.

 

Hal itu dikatakan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (RSUP NTB), dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes., MH, Minggu (04/02/2024) melalui telepon.

 

“Peringatan hari kanker sedunia kita lakukan agar kita dapat bekerja sama untuk mencegah kematian akibat kanker dan kami dari pihak Rumah Sakit akan menyediakan semua kemungkinan pengobatan untuk pasien,” katanya.

 

Diperingatan hari kanker sedunia kali ini RSUP NTB memberikan sosialisai dan edukasi deteksi kanker yang bertempat di Teras Udayana Kota Mataram dengan tema ‘Close The Care Gap’ yang artinya tidak ada jarak antara penderita kanker yang takut berobat dengan fasilitas pengobatan.

 

Saat ini di RSUP NTB sudah memiliki gedung onkologi terpadu untuk penanganan kanker secara komprehensif secara menyeluruh.

 

“Dengan mengetahui gejala dini dan screening dini kanker, kesembuhan akan lebih cepat,” jelas dokter Jack sapaannya.

 

Sementara dr Joko Anggoro, M.Sc.SpPd-KHOM yang ditemui menyampaikan bahwa kanker yang saat ini paling banyak menyerang yaitu kanker payudara dan kanker serviks.

 

“Menurut data di Rumah Sakit kami ya hampir setengah pengunjung rawat jalan atau poli klinik RSUP NTB itu penderita kanker. Banyak dari mereka yang sudah stadium akhir,” ucap dr Joko.

 

“Kalau sudah stadium akhir akan lebih susah disembuhkan. Makanya, semakin awal kita deteksi semakin mudah pengobatannya,” lanjutnya.

 

dr Joko juga berpesan agar jangan takut atau ragu untuk memeriksakan diri. “Kalau ada gejala segera kontrol ke Rumah Sakit, atau ingin konsultasi mengenai kanker silahkan datang ke Rumah Sakit Provinsi. RSUP NTB memiliki dokter-dokter ahli di bidang kanker,” ujarnya. (Gii)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *