Bupati OKU Timur Menerima Penghargaan Peringkat Yang Kedua Dari Ombudsman

  • Bagikan

Gatanews.id// Palembang// 26/1/2024

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Timur mendapatkan peringkat ke dua dengan nilai 94,39 kategori A Zona Hijau Kualitas Tertinggi. Di mana ini merupakan pemerintah kabupaten/kota menerima Anugerah Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2023 yang berzona Kategori A dengan opini kualitas tertinggi.

Ini merupakan hasil penilaian yang kami lakukan selama 4 bulan terakhir, berdasarkan lampiran Surat Keputusan Ombudsman Republik Indonesia Nomor 418 Tahun 2023 tentang hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2023, diperoleh hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan terhadap pejabat dan unit pelayanan dilingkungan provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kota, dan Pemerintah Kabupaten Se Sumsel, demikian diutarakan oleh Bupati Kabupaten OKU Timur Ir H Lanosin Hamzah, S.T.

Dikatakan Bupati Kabupaten OKU Timur Ir H Lanosin Hamzah, S.T, adapun langkah-langkah yang kita lakukan sehingga mendapatkan peringkat kedua kuncinya adalah niat untuk pelayanan publik. Alhamdulillah OKU Timur di kepatuhan tentang pelayanan publik mendapatkan peringkat yang sangat luar biasa.

Di mana kita mendapatkan peringkat yang nomor kedua di bawah kabupaten Musi Rawas hanya 0,05 digit saja.

“Ini saya ingin terus diperkuat dan pelayanan publik harus segera dapat ditanamkan di sanubari sehingga dapat melayani masyarakat dengan baik,” ujarnya.

Kemudian, terkait 4 indikator yang harus diperhatikan, maka dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, bahkan dari Dinas Pendidikan, bahkan juga dari masuk juga ke kecamatan, artinya termasuk di desa juga dinilai oleh Ombudsman yang merupakan perwakilan dari Presiden Republik Indonesia.

Mungkin nanti akan dilaporkan secara langsung oleh Ombudsman Republik Indonesia ke Presiden RI sebagai tingkat kepatuhan kita terhadap pelayanan publik bermasyarakat.

“Harapannya sendiri terus ditingkatkan dan jatuhkan diri kita sebagai pejabat juga adalah sebagai pelayan di masyarakat dan ini salah masuk ke dalam visi misi maju dan lebih mulia kabupaten OKU Timur,” ungkapnya.

Begitu juga disampaikan Penjabat Walikota Pagar Alam Lusapta Yudha Kurnia, karena kota Pagar Alam itu merupakan kota yang baru pemekaran tahun 2001 dan itu kami akan meningkatkan pelayanan publiknya. Karena ada beberapa ini sudah ada upaya kami meletakkan aset kantor yang memang khusus untuk pelayanan publik.

Seperti di Dinas Sosial itu sudah kami letakkan di aset pemerintah kota Pagar Alam yang sudah definitif tempatnya, dan itu akan dikembangkan untuk pelayanan publik seperti juga di DPMTPSP yang ada di kota Pagar Alam.

“Dan upaya berikutnya adalah peningkatan profesionalisme sumber daya manusia (SDM), manajemen SDM, peningkatan deregulasi, peningkatan inovasi, dan kami akan meningkatkan dari sarana dan prasarana yang ada,” katanya.

Dilanjutkannya, terkait 4 indikator itu yang pasti sesuai dengan kata dari Ombudsman RI tadi dan Ombudsman perwakilan Sumsel adalah pemahaman terhadap profesional SDM itu tadi, jadi SDM harus paham terhadap apa yang dihadapi, itu artinya pelayanan publik.

Selalu pasti penerapan itu baik eksistensi maupun pelatihan dan sosialisasi serta implementasi, yang penting dalam hal ini adalah penegakkan dari regulasi.

“Doakan, insya Allah, karena saya adalah penyumbang salah satu DPMTPSP provinsi Sumsel tempat saya berada pada waktu itu termasuk zona yang paling tinggi waktu itu yakni 96,2 persen,” ucapnya.

Ditambahkannya, jadi menyumbang penilaian untuk Ombudsman waktu itu dan sampai hari ini menyumbang sehingga provinsi menjadi 85 sekian yang didapatkan. Tidak, bukan arti kesulitan, artinya peningkatan pemahaman terhadap pelayanan publik.

“Sebenarnya komitmen itu yang paling penting, karena saya juga baru 3 bulan terakhir ini yang duduk di amanahkan di kota Pagar Alam, insya Allah akan kita rubah semua, dan kita tetap harus optimis bisa menggapai untuk itu semua,” imbuhnya.( Ton)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *