Deklarasi 5 Pilar STBM Tuntas Dilakukan Lombok Barat

Gatanews.id, Lombok Barat | Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang meliputi stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga dilakukan tuntas oleh Kabupaten Lombok Barat.

 

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah memberikan apresiasi kepada Kabupaten Lombok Barat atas komitmen yang dibuat sehingga mampu menuntaskan 5 Pilar STBM.

 

“Melakukan sesuatu dengan komitmen yang tinggi, melakukan deklarasi, menyatakan kesiapan, kesungguh-sungguhan untuk mengeksekusi suatu program itu tidak mudah, namun Lombok Barat membuktikannya,” tutur Ummi Rohmi, Rabu (30/11).

 

Banner Iklan Aruna

Ummi Rohmi juga menyampaikan bahwa Kabupaten Lombok Barat sebagai Kabupaten kedua setelah Kabupaten Sumbawa Barat yang menuntuntaskan 5 Pilar STBM dan akan menjadi pemicu semangat bagi daerah lain untuk segera melakukan deklarasi.

 

“Lombok Barat menjadi salah satu pioner di NTB dan akan memberikan semangat bagi kabupaten kota yang lain,” ungkapnya.

 

Selain itu, Ummi Rohmi mengatakan bahwa penerapan hidup sehat tidak hanya dilakukan dilingkungan rumah saja, tetapi di lingkungan sekolah juga sangat penting. Pemprov NTB terus berupaya mewujudkan NTB Sehat dan Cerdas melalui lingkungan sekolah.

 

“SMA, SMK dan SLB sudah ada intruksi dari Gubernur NTB yaitu sekolah bersih dan sehat. Disekolah pengelolaan sampah sudah teratur dan penghijauan di lingkunagn sekolah sudah berjalan,” tuturnya.

 

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid menuturkan bahwa komitmen yang telah dilakukan secara berkelanjutan dan pengawasan yang secara rutin, diharapkan dapat diterapkan oleh masyarakat.

 

“Kita lakukan secara berkelanjutan dengan usaha, rutin di kontrol dan diawasi agar 5 Pilar STBM ini tidak hanya diatas kertas,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *