Kenalkan Disiplin Berlalulintas Sejak Dini, Ditlantas Polda NTB Gelar Sosialisasi Dikmas

  • Bagikan

Gatanews.id, Mataram | Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda NTB melalui Subdit Kamsel menggelar sosialisasi fungsi pendidikan masyarakat (dikmas) pada anak usia dini, Selasa (02/04) bertempat di Lapangan Bharadhaksa Mapolda NTB.

 

Kegiatan tesebut diadakan untuk menekankan pentingnya pemahaman dan perkenalan disiplin berlalu lintas yang baik sejak dini.

 

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga mengenalkan peraturan lalu lintas bukan hanya menjadi tanggung jawab kepolisian, namun, peran orang tua juga sangat diharapkan mampu memberikan contoh yang baik untuk keluarganya ketika berkendara.

 

AKP Hemansyah yang mendampingi kegitan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan yang terlihat sederhana namun sangat penting dalam proses belajar dan pengenalan tata cara berlalu lintas yang baik sejak dini.

 

“Jika dibiasakan sejak kecil untuk patuh dan disiplin berlalu lintas dengan baik maka pemahaman tentang berkendara yang baik dan benar akan melekat hingga mereka dewasa,” ungkapnya.

 

Sementara itu Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Romadhoni Sutardjo, ditempat terpisah menjelaskan kegiatan sosialisasi ini sangat penting dilakukan.

 

Menurutnya, anak-anak sudah harus diperkenalkan soal tertib berlalu lintas.

 

“Usia 0-5 tahun adalah masa penyerapan pengetahuan dan informasi, di mana pada usia ini disebut sebagai masa golden age atau masa keemasan di mana perkembangan saraf motorik dan kognititf anak berada dalam tahapan terpenting,” ujar Romadhoni.

 

Program sosialisasi lalu lintas pada anak usia dini yang dilaksanakan Ditlantas Polda NTB sebagai upaya dalam menanamkan sedini mungkin kepada anak-anak tentang pentingnya disiplin berlalu lintas.

 

Kegiatan sosialisasi lalu lintas anak usia dini dikemas dengan konsep menarik. Berbagai kegiatan pun digelar untuk anak-anak seperti cara penggunaaan helm yang baik, cara menyebrang jalan, pengenalan rambu lalu lintas, penekanan masalah perundungan dan bernyanyi bersama. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *