Ditlantas Polda NTB Terapkan Sistem Contra Flow, Lalu Lintas Terkendali

  • Bagikan

Gatanews.id, Lombok Tengah | Kondisi Lalu Lintas di jalan raya saat MotoGP 2023 berlangsung di Sirkuit Mandalika lancar tanpa terjadi kemacetan seperti pada MotoGP sebelumnya.

 

Rekayasa Lalu Lintas yang diterapkan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Ditlantas Polda NTB) bersama Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Jajaran Polda NTB terbukti berhasil.

 

Selama tiga hari penyelenggaraan kondisi di jalan raya terpantau lancar, meski pada titik rawan macet mulai dari bundaran Bandara hingga Sikruit Mandalika.

 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo bahagia dan bangga dengan semua yang terlibat dalam pengaturan lalu lintas saat MotoGP.

 

“Contra Flow yang di mainkan cukup jitu untuk mengurai kendaraan yang keluar masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika,” katanya, Minggu (15/10).

 

Meski penonton MotoGP Mandalika 2023 mencapai angka 102.929 orang, namun semua kondusif dan terkendali dari sejak kedatangan hingga kepulangan penonton.

 

“Hari Minggu yang dikhawatirkan akan terjadi kemacetan seperti pada penyelenggaraan MotoGP sebelumnya, hal itu tidak terjadi,” ujar Djoni.

 

Dia mengucapkan terimakasih atas kerja keras semua pihak yang terlibat, terutama buat anggota Polisi Lalu Lintas yang standby dari awal hingga akhir MotoGP.

 

“Selain infrastruktur jalan yang sudah memadai, salah satu yang menjadi faktor keberhasilan pengaturan lalu lintas ialah, Contra Flow yang dimainkan,” ucapnya.

 

Himbauan kepada penggunaan Sepeda Motor dan Bus yang disediakan Dishub Provinsi NTB, bagi penonton Moto GP cukup ampuh untuk menghindari kemacetan.

 

Selain itu penerapan Contra Plow mulai dari Bundaran Bandara Lombok hingga Bundaran Songgong membuahkan hasil maksimal.

 

Sistim Contra Flow yang dimainkan memberikan prioritas jalur khusus kepada VIP, Tiket Premier Class, Deluxe Clas, Nasional Goverment, Undangan dan penonton yang menggunakan Shuttle Bus HiAce dari selaparang.

 

Hal ini dikarenakan mereka semua akan menuju Ke Sikuit Mandalika dengan melewati jalur Blue Gate.

 

Sistem berikutnya, apabila terjadi Kepadatan di Jalur Normal dari Bandara menuju Songgong, maka Contra Plow akan diberlakukan tanpa melihat jenis tiket dengan mengatur jumlah kendaraan yang akan menuju ke Mandalika

 

“Diberikan jalur khusus apabila kondisi normal, namun jika situasinya berbeda Contra Flow akan diberlakukan tanpa melihat jenis tiket dengan mengatur jumlah kendaraan yang akan menuju ke Mandalika,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *