Jelang Event MotoGP dan Pemilu Serentak 2024, Satbrimob Polda NTB Gelar Latihan Peningkatan Ketrampilan Pengamanan

  • Bagikan

Gatanews.id, Mataram | Menjelang pelaksanaan Event Internasional Grand Prix Of Indonesia 2023 di Mandalika dan pelaksanaan Pesta Demokrasi (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

 

Satuan Brimob Polda NTB gencar melaksanakan latihan internal dan juga latihan bersama Satker lain yang ikut terlibat dalam pengamanan dan simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota.

 

Khusus Brimob Polda NTB pelaksanaan latihan secara rutin ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel Brimob Polda NTB, serta kesiap-siagaan personil dalam menghadapi dinamika perkembangan situasi kamtibmas di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 

Latihan yang hanya dimiliki personel Brimob tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Brimob Polda NTB Kombes Pol Komaruz Zaman.

 

“Latihan ini diharapkan agar situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda NTB tetap kondusif sebelum pelaksanaan maupun pada waktu pelaksanaan,” ujar Komaruz di sela latihan pada Selasa (26/09).

 

Latihan yang di laksanakan di lapangan Markas Komando M Jasin ini personel Brimob melaksanakan latihan penanganan huru-hara, latihan kemampuan anti anarkis detasemen 45 dan latihan kemampuan khsusus lainya.

 

“Latihan peningkatan ketrampilan pengamanan ini sangat penting, agar prosedur pengamanan di lapangan tidak salah, terutama dalam menghadapi Event Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2023 mendatang,” katanya.

 

“Setiap hari kita laksanakan latihan. Jangan kget kalau lihat anggota saya setiap hari ada di tengah lapangan panas panasan sambil latihan dan kena sinar matahari,” lanjutnya.

 

Dijelaskan Kombes Komaruz, dengan pola latihan yang rutin secara tidak langsung meningkatkan kemahiran dan ketrampilan personel saat menghadapi dinamika di lapangan karena mental sudah terbentuk.

 

“Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik saat pengamanan berlangsung. Dan anggota bisa mengambil keputusan yang benar sesuai aturan dan hukum yang berlaku ketika terjadi sesuatu,” jelasnya.

 

Latihan yang berlangsung hampir sebulan ini dilaksanakan serentak oleh jajaran Brimob Polda NTB serta Satuan kerja (Satker) lain yang terlibat dalam persiapan pengamanan Event MotoGP.

 

“Latihan ini nantinya akan dipadukan serentak di lapangan Bhara Daksa Polda NTB, dan akan dilakukan latihan simulasi MotoGP pada 03 Oktober 2023 mendatang di lapangan parkir Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika,” ucapnya.

 

Selain kesiapan personel untuk pengamanan MotoGP pada 13-15 Oktober 2023, jajaran Brimob Polda NTB juga rutin melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan tugas pengamanan.

 

“Saya Sebagai Komandan Satuan Brimob Polda NTB memastikan anggota saya selalu siap ketika dibutuhkan” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *