Polairud Polda NTB Bersama Aktivis Peduli Lingkungan dan Kelompok Nelayan Lakukan Transplantasi Terumbu Karang

  • Bagikan

Gatanews.id, Lombok Timur | Transplantasi Terumbu Karang dilakukan Personel Kapal Polisi 1002 Direktorat Polairud Polda NTB bersama aktivis peduli lingkungan Juang Laut Lestari dan Kelompok Nelayan Pelita, Dusun Padak, Labuan Lombok.

 

Kegiatan ini yang dilakukan di pantai Gili Lebur, Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Selasa (21/03). Selain melakukan Transplantasi Terumbu Karang, dilakukan juga pemasangan Pelampung tanda Rumah Gurita.

 

Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Polda NTB, Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga mengatakan, kegiatan ini untuk mengembalikan sumber daya laut yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dari sektor pariwisata Diving dan Snorkling.

 

“Selain itu Transplatasi Terumbu Karang ini juga nantinya sebagai daya tarik bagi wisatawan,” ucap Kobul.

 

Dengan demikian, perahu nelayan dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin berwisata laut.

 

Dijelaskan Kobul, nantinya Terumbu Karang ini akan berfungsi sebagai rumah bagi ikan. Sehingga pertumbuhan ikan di sekitar itu nantinya akan pesat dan tentunya akan sangat menguntungkan bagi nelayan saat mencari ikan.

 

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, program pemerintah dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan dapat terwujud dengan baik di masa mendatang,” harapnya.

 

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak tahun 2021 lalu ini merupakan wujud kepedulian Polairud terhadap kelestarian laut dan dapat dimanfaatkan oleh warga.

 

Transplantasi Terumbu Karang ini meliputi wilayah pantai Tanjung Menangis Peinggabaya dan Gili Lebur Lombok Timur.

 

“Setiap lokasi sudah dilakukan transplantasi sebanyak satu kali, dengan jumlah 10 buah kerangka untuk satu lokasi. Satu kerangka bisa menampung 8 buah terumbu karang,” jelas Kobul.

 

Penanaman berikutnya akan dilakukan pada bulan Mei 2023 mendatang, dengan target 20 buah kerangka.

 

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan dapat mendatangkan manfaat bagi semua orang,” pungkansya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *