Tingkatkan Kualitas dan Keterampilan Calon Pemimpin, Biro SDM Polda NTB Gelar Assessment Center

  • Bagikan

Gatanews.id, Mataram | Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda NTB menggelar pelatihan Assessment Center Polri di Lingkup Polda NTB tahun anggaran 2023 di Ballroom Hotel Aston In, Kota Mataram, Senin (06/03).

 

Kegiatan yang diikuti 24 anggota Polri/PNS Polri Polda NTB yang berpangkat perwira dan memiliki pendidikan minimal S1 dengan 5 orang Narasumber (Narsum) yang didatangkan langsung dari Mabes Polri.

 

“Assessment ini dilaksanakan untuk meningkatkan kuantitas anggota Polri yang berkualitas dan berketerampilan tinggi,” kata Kepala Biro (Karo) SDM Polda NTB, Kombes Pol Boro Windu Danandito.

 

Kegiatan seperti ini biasanya dilakukan untuk menyiapkan anggota Polri/PNS Polri sebelum mengemban tugas sebagai pimpinan pada suatu bagian atau bidang di lingkup Polda NTB.

 

“Agar kelak jika sudah bertugas, maka bisa melakukan assessment kepada anggotanya,” katanya

 

Reformasi birokrasi Polri saat ini mensyaratkan tenaga profesional dan berketerampilan tinggi untuk bekerja pada berbagai sektor, termasuk sektor jasa pelayanan.

 

Hal tersebut mendorong masing-masing individu untuk berkompetisi dan mengembangkan serta membangun SDM yang berbudaya unggul.

 

“Dengan adanya model kompetensi pada sistem uji kompetensi jabatan bisa membantu mengetahui kompetensi apa saja yang diperlukan dalam menduduki jabatan tertentu di lingkup Polres atau Polsek.

 

Model kompetensi ini menjadi sesuatu yang penting untuk menampilkan kinerja terbaik saat menyelesaikan tugas dalam satu atau berbagai pekerjaan. Dapat juga membantu untuk memahami cara mencapai keberhasilan dalam suatu pekerjaan.

 

“Untuk memahami assessment ini maka diperlukan Assessor yang memiliki kompetensi baik sebagai penguji para Assessi yang akan menduduki jabatan di lingkup Polda NTB sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” jelas Boro.

 

Dia berharap, agar para Narasumber dapat menularkan pengetahuan yang dimiliki kepada para peserta demi tercapai tujuan dan sasaran kegiatan pelatihan Assessment Center. (Yps)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *