Sirkuit MXGP Lombok, NTB Siapkan Dua Lokasi di Mataram

  • Bagikan

Gatanews.id, Mataram | Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB menyiapkan venue alternatif untuk pembangunan Sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) Lombok di Kota Mataram. Lokasi yang ditawarkan ke penyelenggara MXGP, Infonya Moto Racing adalah eks Bandara Selaparang dan Tohpati.

 

“Sesuai diskusi terakhir dengan pak Gubernur, Samota Enduro Gemilang (SEG) dan Bank NTB Syariah, MXGP Lombok kita ajukan 2 venue. Satu di Eks Bandara Selaparang dan satu lagi di Tohpati, dekat Selagalas,” kata Komandan Lapangan MXGP Lombok, dr. Lalu Herman Mahaputra saat dikonfirmasi di Mataram, Sabtu (24/12/2022).

 

Pada 2023 NTB menjadi tuan rumah pada dua seri gelaran balap MXGP, yakni pada 25 Juni 2023 kejuaraan dunia balap motocross yang digelar di Sirkuit Samota, Sumbawa dan pada 2 Juli 2023 kejuaraan dunia balap motocross digelar di Kota Mataram.

 

“Untuk lokasi Eks Bandara Selaparang memang harus mengikuti aturan dari PT. Angkasa Pura I sebagai pemilik lahan. Di mana, tidak boleh dilakukan penggalian di lokasi. Karena eks Bandara Selaparang masih digunakan untuk pendaratan darurat,” kata dr. Jack sapaan akrabnya.

 

Tetapi dari sisi fasilitas, lanjutnya, cukup memadai baik untuk konser maupun lokasi UMKM. Sedangkan lokasi baru yang disiapkan di Tohpati, Kota Mataram, saat ini berupa persawahan namun lokasinya cukup luas. Sehingga desain sirkuit bisa dibuat lebih leluasa.

 

“Untuk menentukan venue MXGP di Lombok, kita menunggu IMI dan Track Master dari Infront, rencananya awal Januari datang. Bisa saja di Eks Bandara Selaparang atau Tohpati, tempatnya sama-sama bagus. Nanti Infront tinggal memilih,” ucapnya.

 

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB ini mengatakan sirkuit Tohpati, Kota Mataram akan mulai dibangun pada Desember ini. Pasalnya, pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di bulan Februari 2023 akan mulai digunakan. Ia juga memastikan sirkuit itu juga akan digunakan untuk kejuaraan nasional.

 

“Di Tohpati, akan dibangun lapangan golf. Saya pikir ini area menantang karena disana masih sepi. Dengan adanya event atau kegiatan-kegiatan ini maka akan menumbuhkan ekonomi,” ujarnya.

 

Dokter Jack juga menambahkan lokasi pembangunan Sirkuit MXGP Lombok akan tetap diputuskan oleh Infront. Pihaknya hanya menawarkan lokasi alternatif apabila di Eks Bandara Selaparang tidak bisa lebih leluasa membuat desain untuk sirkuit MXGP Lombok. (Ang)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *