Tokoh Agama dan Pemuda Aceh Barat Berharap di Barsela Lahir Gedung Pusat Kreatifitas 

  • Bagikan

GATANEWS.COM ACEH BARAT – Kedatangan Elon Musk, Pengusaha terkaya di dunia dan merupakan owner dari berbagai perusahaan start up yang sukses dunia termasuk Space X , mobil listrik Tesla hingga Starlink ke Bali dalam rangka memenuhi undangan Presiden Joko Widodo untuk mengikuti World Water Forum ke 10 merupakan bukti keseriusan pemerintah mendorong transformasi digital di Indonesia, Selasa (21/5/24)

Sebelumnya Presiden terpilih dan sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam debut internationalnya di Qatar Economic Forum menjabarkan pilar-pilar pembangunan ekonomi yang menjadi perhatian permerintahanya kedepan yaitu ketahanan pangan dan ketahanan energi aspek terpenting.

Oleh karena itu Barat-Selatan Provinsi Aceh membutuhkan Gedung Kreativitas seperti yang telah dibangun oleh pemerintah pusat di Papua dan saat ini di Banda Aceh.

Tokoh Muda Barat-Selatan Provinsi Aceh (Barsela) yang terdiri dari ketua KNPI Aceh Barat, Fadel Putra Pratama, ketua HIPMI Aceh Barat Teuku Adian Makmur Rizkullah , Ketua Pengurus Cabang (PCNU) Aceh Barat, Waled Khairul Azhar dan ketua Pemuda Muhammadiyah Tgk Aan Muhammdy berharap kepada Pemerintah Pusat Memberi perhatian khusus bagi pengembangan kreativitas muda di kawasan Barat-Selatan Provinsi Aceh dengan menghadirkan ruang kreativitas melalui pembangunan pusat kreativitas Barsela yang menjadi pusat pengembangan talenta muda.

Hal ini cukup beralasan karena potensi pertanian dan kelauatan serta sektor energi terutama Batubara dan minyak bumi yang terdapat di kawasan Barsela harus dapat dikelola oleh generasi muda serta untuk mewujudkan partisipasi anak muda dalam pembangunan.

Menurut para ketua organisasi kepemudaan, pengusaha dan keagamaan yang menyatakan persentase usia produktif di Aceh mencapai 56 persen yang terdiri dari Gen Z dan Gen millennial. “Barsela ini merupakan masa depan Aceh dan terletak langsung ke Samudra Hindia sehingga menjadi pintu ekspor ke India dan Timur Tengah”.

Kehadiran Gedung kreativitas di Barsela akan dapat mewujudkan cita-cita pemerintah untuk meningkatkan jumlah anak muda yang berprofesi sebagai wirausaha muda lanjut ketua HIPMI yang menyatakan bahwa pemerintah mendorong agar 5% dari populasi Indonesia menjadi pengusaha muda.

Saat ini baru 3,7% dari total penduduk Indonesia yang menjadi pengusaha sedangkan Singapura sudah diangka 7% sedangkan jika merujuk pada syarat menuju negara maju dan keinginan pak Prabowo agar ekonomi tumbuh 8% kita mesti mendorong lahirnya anak muda yang berwirausaha Kalau di Aceh mungkin lebih rendah 2-2,5% saja.

Ketua KNPI Aceh Barat berharap pemerintah pusat memberi perhatian khusus bagi genersi muda barsela yang punya potensi jika di bina untuk menjadi innovator dan pengerak ekonomi daerah sehingga saya berharap sebelum Pak Jokowi menyelesaikan jabatan sebagai presiden Gedung Kreativitas Barsela dapat terwujud. Kehadiran Gedung kreativitas dapat menjadi sejarah baru milestone bagi pembinaan kegiatan kepemudaan.

Hal yang sama disampaikan oleh dua tokoh yang berasal dari organisasi islam terbesar di Indonesia NU dan Muhammadiyah yang diwakili oleh Ketua PCNU Aceh Barat terpilih yang lebih dikenal dengan Waled Khairul, menilai sangat relevan kehadiran Gedung kreativitas yang mengajarkan pelatihan kewirausahaan dalam pembangunan umat.

Karena kemiskinan dekat dengan kekufuran dan saat ini dengan status Aceh sebagai provinsi termiskin di Pulau Sumatra sangat ironi , maka seluruh pihak di Provinsi Aceh harus bahu membahu berpikir solusi dan jalan keluar untuk pembangunan Aceh secara menyeluruh termasuk di kawasan Barsela.

Aceh seharusnya menjadi provinsi termakmur dengan hasil alam yang dikarunia oleh Allah SWT dan harus kita kelola dengan ilmu dan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan zaman termasuk digitalisasi. Manusia sebagai Khalifah dimuka bumi ini punya tanggung jawab untuk mengelola alam ini dengan ilmu.

Tgk Aan yang merupakan ketua pemuda Muhamadiyah menyatakan semangat pembaharuan dan semangat agar hari esok lebih baik dari ini merupakan semangat Organisasi Muhammadiyah. Kita meminta pemerintah pusat membangun pusat kreativitas Barsela.

kehadiran pusat kreativitas akan memberikan peluang kepada anak muda untuk belajar sesuai dengan perubahan zaman. “didiklah anakmu sesuai dengan zamannya”.

Hari ini transformasi teknologi dan digitalisasi tidak bisa dibendung dan kita harus memanfaatkan untuk hal-hal positif seperti mempromosikan potensi ekonomi di daerah , pariwisata dan kuliner dan memperkenalkan Islam yang rahmatallilalamin yang memberikan manfaat bagi sekalian alam.

Semoga semangat para pemuda dan tokoh keagamaan ini mendapat perhatian pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju 2045 dimulai dari Barat Aceh, InsyaAllah semoga terwujud.{**}

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *