Tegas Ketua KNPI Tana Toraja: Masyarakat dan Pemuda Harus Ciptakan Pemilu Damai dan Pilih Caleg Berkualitas

  • Bagikan

Gatanews.id//TANA TORAJA, 30 Januari 2024

 Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tana Toraja, Restu Tangaka, mengingatkan semua lapisan masyarakat terutama pemuda untuk menciptakan pemilu damai, menjadi pemilih cerdas yang berani menolak politik uang, dan memilih calon legislatif (caleg) yang berkualitas. Pernyataan ini disampaikan jelang 14 hari menuju Pemilu 2024.

 

“Kami mengajak seluruh masyarakat, khususnya pemuda, untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif menjelang pemilu. Jangan terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah pemuda yang cinta damai dan demokrasi,” ujar Restu Tangaka dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Selasa (30/1).

 

Restu Tangaka juga menekankan pentingnya menjadi pemilih cerdas yang tidak mudah tergoda oleh politik uang. Ia mengatakan bahwa politik uang adalah bentuk pengkhianatan terhadap hak konstitusional rakyat untuk memilih pemimpin yang sesuai dengan aspirasi mereka.

 

“Politik uang adalah musuh bersama kita. Jangan sampai kita menjual hak suara kita dengan harga murah. Kita harus sadar bahwa dengan memilih caleg yang memberi uang, kita telah mengorbankan masa depan kita dan generasi mendatang. Kita harus berani menolak politik uang dan melaporkan kepada pihak berwenang jika ada yang mencoba menyuap kita,” tegasnya.

 

Selain itu, Restu Tangaka juga mengimbau masyarakat untuk memilih caleg yang memiliki kapabilitas, integritas, dan ketulusan untuk mewakili kepentingan rakyat banyak dan pemuda. Ia mengatakan bahwa caleg yang berkualitas adalah yang memiliki visi, misi, dan program yang jelas dan realistis, serta mampu bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya dalam mendorong pembangunan daerah.

“Kita harus selektif dalam memilih caleg. Jangan hanya berdasarkan popularitas, afiliasi, atau kedekatan personal. Kita harus melihat track record, kompetensi, dan komitmen caleg dalam melayani rakyat. Kita harus memilih caleg yang sesuai dengan tuntutan pembangunan, punya integritas, dan memiliki ketulusan untuk membela kepentingan rakyat banyak dan pemuda,” pungkasnya.

 

Restu Tangaka berharap bahwa pemilu 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan demokratis, serta menghasilkan wakil rakyat yang dapat membawa perubahan positif bagi daerah dan bangsa. Ia juga mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, aparat keamanan, dan seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi dalam mensukseskan pemilu.

 

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan dan melaksanakan pemilu. Kami berharap bahwa pemilu ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat demokrasi dan persatuan kita sebagai bangsa. Mari kita bersama-sama menjaga dan memanfaatkan hak pilih kita dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

 

Penulis: Hajar AswadEditor: Hajar Aswad / Biro Sulsel
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *