Simulasi Sispam Mako Polres Luwu Utara Teroris berhasil dilumpuhkan

  • Bagikan

Gatanews.id//Luwu Utara//16/05/2023.
Kelompok teroris melakukan penyerangan terhadap Markas Komando (Mako) Polres Luwu Utara, pada Selasa 16 Mei 2023. Namun, upaya penyerangan itu berhasil digagalkan oleh personil polisi yang bertugas di Pos Penjagaan Polres Luwu Utara.

Awalnya, situasi Polres Luwu Utara melakukan aktifitas berjalan seperti biasanya, namun Tiba-tiba 2 Orang yang diduga kelompok teroris dengan menggunakan senjata tajam (Sajam) dan senjata Api Rakitan langsung menyambangi dan masuk menembus Palang Portal pintu utama Polres Luwu Utara sambil berteriak dan hendak menyerang anggota. Namun, dengan sigap personil Samapta dapat mengamankan dua teroris terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas serta juga berhasil menyita barang bukti berupa senjata tajam.

Kemudian, tim Inafis Polres Luwu Utara melakukan identifikasi di TKP. Selanjutnya dua teroris yang dilumpuhkan langsung di evakuasi dengan menggunakan mobil ambulance.

Kapolres Luwu Utara AKBP Galih Indragiri S.I.K, saat dikonfirmasi diruang kerjanya membenarkan penyerangan Mako Polres Luwu Utara oleh kelompok terduga teroris berjumlah dua orang dengan memakai senjata tajam dan Senpi rakitan.

“Penyerangan itu berlangsung dalam skenario simulasi untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam upaya mengantisipasi penyerangan terhadap Markas Komando Polres Luwu Utara sebagai latihan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako),” terang AKBP Galih.

Ia mengatakan, latihan sistem pengamanan Mako yang dilaksanakan Polres Luwu Utara diikuti oleh sejumlah personel dan Pejabat Utama (PJU) Polres Luwu Utara dalam rangka antisipasi serangan terorisme, apalagi menjelang pemilu tahun 2024.

“Jadi dengan latihan ini, anggota akan lebih memahami siapa berbuat apa dan bertanggung jawab pada siapa, latihan ini kita lakukan agar anggota selalu siap siaga bila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Kapolres Luwu Utara.

Disebutkan, latihan Sispam Mako itu dimulai dengan pukulan lonceng oleh petugas di Pos Penjagaan sebagai tanda panggilan luar biasa. Begitu terdengar suara lonceng maka anggota langsung berkumpul untuk melakukan konsolidasi di depan Mako. Kemudian anggota bergerak menuju ke lokasi masing- masing yang telah ditentukan untuk bertindak sesuai arahan pimpinan.

Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada personel yang terlibat dan telah melaksanakan latihan dengan penuh semangat dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan. tutur AKBP Galih Mengakhiri Ucapannya.

Penulis: Hajar AswadEditor: Hajar Aswad / Biro Sulsel
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *