Buka Dialog, Restu Tangakan Dapat Pengalaman Inspiratif dari Ketua KSU BM88

  • Bagikan

Gatanews.id//TANA TORAJA,09/05/2023.

Ketua KNPI Tana Toraja Restu Tangaka bertandang di Kantor Pusat KSU Bintang Muda 88, Selasa 8 Mei 2023. Kunjungan tersebut dalam rangka memenuhi agenda audiensi yang memang telah terjadwal sejak lama.

Bertempat di Kawasan Desa Wisata Lembang Tumbang Datu, Sangalla Utara, Restu menyatakan kerinduannya untuk bertatap muka dengan tokoh muda inspiratif yang selama ini didengarnya telah berkiprah dalam bidang usaha koperasi dan ekonomi kreatif yang saat ini anggotanya sudah mencapai lebih dari 30 ribu mitra. Sebuah pencapaian luar biasa yang patut ditiru oleh kaum milenial, ungkap Restu.

Ketua KSU Bintang Muda 88 Stepanus Pallulunan Amd. Tra. Ant-III, SE. membeberkan sejumlah pengalaman menarik dan menantang di usia muda, awal karirnya mendirikan KSU Bintang Muda 88 hingga pada pencapaiannya saat ini. Prestasi paling penting dalam hidupnya adalah ketika mentalitas yang dibangunnya dalam berkarya dipaksa harus bergesekan dengan cacian, kedengkian orang-orang di sekitarnya yang merasa tidak yakin KSU Bintang Muda 88 dapat berdiri dan eksis.

“Saya memulai usaha koperasi ini bukan karena rancangan saya, melainkan itu rancangan Tuhan. Saya adalah perwira yang siap melaut, tetapi Tuhan arahkan saya untuk kembali ke kampung untuk membangun usaha ini. Saya hanya ikuti prosesnya secara bertahap. Kuncinya mental, jadikan Tuhan sebagai Penasihat Spiritual, dan berbuat baik sama setiap orang,” tutur Stepanus.

Tidak hanya berkutat pada manajemen koperasinya, Stepanus juga saat ini membina sekitar 80 siswa dari berbagai SMK di Tana Toraja dan Toraja Utara yang sedang magang di Kantor Pusat Bintang Muda 88. Para siswa selain diberi keterampilan manajemen koperasi juga diberi pembinaan karakter dan tantangan hidup agar ketika kembali ke sekolah dan ke orang tuanya dapat lebih mandiri dan memiliki prinsip hidup.

Sepakat dengan apa yang dilakukan Usahawan Muda itu, Restu mengajak dibukanya ruang kerjasama antara KNPI Tana Toraja dengan Bintang Muda 88 dalam pengelolaan sumber daya pemuda yang berkaitan erat dengan visi dan misi Bintang Muda 88 dan KNPI Tana Toraja yang memiliki kesamaan, terutama dari segi pembangunan mentalitas pemuda dalam menumbuhkan usaha-usaha kreatif, maupun dalam pertukaran informasi untuk mencegah degradasi moral pemuda oleh adanya konflik sosial yang tengah marak terjadi saat ini.

 

Sebelum dijamu dengan menikmati hidangan sore oleh Stepanus Pallulunan, tidak lupa Tim Dies Natalis KNPI menyampaikan beberapa agenda kegiatan yang akan dibuka pada tanggal 20 Mei 2023 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Melalui presentasi singkat tersebut, tim menyampaikan bahwa hari puncak Dies Natalis KNPI akan dilaksanakan di Objek Wisata Ollon di Kec. Bonggakaradeng yang akan diramaikan dengan Pertandingan Volley, kemah akbar, dan dialog kebangsaan yang akan mengangkat isu-isu paling panas di daerah, nasional hingga mancanegara.

 

Kontributor: Hajar Aswad

Penulis: Hajar AswadEditor: Hajar Aswad / Biro Sulsel
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *