Satlantas Polres Luwu Utara Gelar Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah

  • Bagikan

Gatanews.id//Luwu Utara//11/03/2023

Kapolres Luwu Utara AKBP Galih Indragiri, S.I.K melalui Satuan Lalu Lintas Mengaktifkan Patroli Keamanan Sekolah atau disingkat PKS yang merupakan Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh para siswa untuk membantu tugas kepolisian di lingkungan sekolahnya.

Adapun tugas PKS yaitu patroli jalan raya (PJR) di lingkungan sekolahnya dan jalan menuju sekolah. Salah satu tugas utamanya adalah menyeberangkan siswa-siswi sekitar sekolah. Hal ini yang dilakukan oleh para anggota PKS di sekolah-sekolahnya.

Proses perekrutan anggota PKS meliputi pendidikan dan pelatihan.

Sabtu (11/03/2023) Pukul 08.30 With, Bertempat di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Luwu Utara diadakan upacara pembukaan pelatihan Patroli Keamanan Sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 36 Siswa perwakilan dari SMA Neg. 1 dan SMA Neg. 8 Masamba.

Upacara dipimpin oleh Waka Polres Luwu Utara Kompol Muh. Rifai, S.Pd dihadiri Kasat Lantas Polres Luwu Utara Iptu Abang Lamuddin, S.E., Perwira, Bintara Satlantas Polres Luwu Utara dan Siswa-siswi peserta Pelatihan.

Pelatihan ini berguna untuk membekali para Siswa dan Siswi pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas dan etika berlalu lintas.

Dalam sambutannya, Waka Polres mengucapkan selamat atas dibukanya pelatihan PKS hari ini. “Semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah yang merupakan perpanjangan tangan dari Polisi Satuan Lalu Lintas, untuk dapat membantu menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di lingkungan sekolah.

Dengan adanya anggota PKS, selain untuk melindungi dan mengamankan lingkungan intern sekolah guna mendukung proses belajar mengajar, mereka juga membantu tugas Polisi dalam menyelenggarakan, menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan intern sekolah masing-masing.

Selain Itu, tujuan kegiatan ini Untuk meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan antar anggota PKS, selain itu kedisiplinan sebagai pembinaan mental dan Karakter sebagai cerminan akhlakpun wajib dimiliki anggota PKS, sehingga generasi ini terdidik siap menjadi generasi penerus bangsa,” ujar Kompol Muh. Rifai.

Sementara itu, ditempat terpisah Kasat Lantas Iptu Abang Lamuddin juga berharap para pelajar ini ke depannya menjadi para pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

“Melalui wadah pelatihan Ini, kami sengaja memprioritaskan anggota PKS disekolah untuk ikut serta dan bisa berbuat yang positif bagi dirinya dan teman-temannya di lingkungan sekolah maupun masyarakat, terutama di bidang lalu lintas untuk membantu terciptanya keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas serta menegakkan kedisiplinan dalam berlalu lintas.” Terang kasat Lantas Polres Luwu Utara.

Penulis: Hajar AswadEditor: Hajar Aswad / Biro Sulsel
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *