Komunitas Yoga gelar Yoga Camp dan Bakti Sosial di Wisata Alam Gunung Jae

  • Bagikan

Gatanews.id, Lobar | Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI) Nusa Tenggara Barat, Yasana Yoga, dan Lombok Yoga Center menggelar “Yoga Camp” dan Bakti Sosial (Baksos) di Taman Wisata Gunung Jae Sedau, Lombok Barat. Yoga Camp dengan tema “Yoga Moderasi Menuju Hidup yang Harmoni” ini berlangsung sejak hari sabtu kemarin, (18/2).

Terlaksananya yoga camp sekaligus baksos bersih-bersih alam di seputaran wisata alam Gunung Jae ini adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian dan kecintaan komunitas yoga terhadap alam. Dan selain untuk mengedukasi tentang pentingnya kelestarian alam, juga untuk memulihkan kepenatan para peserta yoga yang selama ini beraktivitas penuh di tengah hirup pikuk kehidupan kota.

“Kita yoga camping disini adalah pengenalan kepada teman-teman, bahwa pentingnya menjaga lingkungan dan kelestarian alam, karena alam sangat berperan dalam kehidupan kita. Dan sekaligus untuk refresing melepaskan kepenatannya dari segala kesibukan yang luarbiasa di aktivitas sehari-hari, dengan kegiatan ini mereka akan lebih fresh kembali dan melakukan aktivitas dengan sempurna atau lebih baik lagi”, ungkap Ketua Panitia Yoga Camp, Ketut Edi Ariawan, Minggu (19/2).

Lebih lanjut Edi menjelaskan rangkaian yoga camp yang dihadiri oleh puluhan peserta yoga pemula ini dimulai dengan “Ice Breaking”, yakni proses perkenalan satu sama lainnya dengan mencoba memberikan sebuah penilaian dan pemahaman terkait sistem kerja dan juga komunikasi. Selanjutnya memberikan pembelajaran dan pelatihan melalui berbagai macam permainan atau game yang sudah di desain, seperti game perahu jejak, terong estafet, kereta buta (pecah balon) dan game tepat tangkap.

Tak hanya bermain game, peserta juga diberikan pemahaman dan sosialisasi tentang yoga, serta latihan tehnik yoga yang benar; bagaimana cara melakukannya dan bagaimana pernapasannya untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Kemudian juga memberikan sebuah pembelajaran kontemplasi melalui api unggun, Dan terakhir adalah healing, untuk memberikan suatu sentuhan kepada jiwa.

Sementara itu Ketua PPYNI NTB, Dra. Nursiah mengatakan kegiatan ini merupakan untuk mempersatukan komunitas yoga dari berbagai daerah di NTB. Dan kedepannya acara ini diharapkan akan lebih luas, karena yang hadir masih internal antara komunitas praktisi yoga dari beberapa daerah saja. “Karena terkendala hujan, jadi sebagian komunitas yoga yang hadir. Dan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini yoga akan lebih dikenal luas oleh masyarakat”, katanya.

Turut hadir diacara tersebut, yakni Ketua PPYNI NTB, Dra. Nursiah, Ketua Yasana Yoga, Anita Rismania, Ketua Lombok Yoga Center, Ketut Edi Ariawan, S.A.g., M.Pd.H. para panitia, dan peserta Yoga Camp.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *