Korem 162/WB Inisiasi Rapat Koordinasi Pendataan Pulau Kecil di NTB

Gatanews.id, Mataram | Korem 162/Wira Bhakti menginisiasi rapat koordinasi dalam rangka pembahasan pendataan pulau-pulau kecil yang berada dalam wilayah Provinsi NTB. Kegiatan ini digelar di Ruang Rapat Makorem 162/WB JL. Lingkar Selatan No. 162 Pagutan, Kota Mataram, Selasa (17/01/2023).

 

Rapat pendataan pulau kecil ini dipimpin Kepala DPM & PTSP Prov. NTB, Ir. H. Muhamad Rum bersama Kasrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Inf Lalu Habibburrahim Wiradharma dan dihadiri oleh Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Czi Putu Dwi Andika, Perwakilan kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTB Yusmi. Z, Perwakilan Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi NTB Fajar Ardiansyah, Perwakilan BPKAD Prov NTB H. M Trinarto, Kantor Wilayah BPN Prov NTB Tri Harjanto, Perwakilan Dinas PUPR Prov NTB Edi Sumantri, Sekretaris DPM & PTSP Prov NTB Wahyu Hidayat.

 

Kepala DPM & PTSP Provinsi NTB saat mengawali rapat menyampaikan terkait adanya isu-isu yang menyatakan bahwa beberapa pulau yang akan dijual ke pihak asing.

 

“Sehingga kita dapat mengantisipasi hal tersebut dengan cara mengumpulkan info terkait pulau-pukau kecil yang ada di NTB berdasarkan data dari masing masing dinas termasuk data dari Korem,” ucapnya.

 

“Rapat siang ini membahas data dan pemanfaatan pulau-pulau kecil yang berada dalam wilayah Provinsi NTB,” lanjutnya.

 

Pada kesempatan yang sama Kasrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Inf Lalu Habibburrahim Wiradharma menyampaikan bahwa, terkait pulau-pulau kecil yang ada di NTB tentunya ada kaitannya dengan tugas TNI.

 

“Kondisi kita di NTB tidak jauh beda dengan NTT, yaitu memiliki pulau-pulau kecil. Dengan adanya pemberitaan penjualan pulau-pulau keci tersebut menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

 

“Kita harus mengatur masyarakat kita yang ada di Pulau-pulau kecil, agar tidak dimanfaatkan atau dikelola oleh masyarakat yang nantinya dijadikan hak milik serta bisa diperjual belikan,” sambung Kasrem.

 

Pihak Korem 162/WB dengan sengaja menginisiasi rapat ini, untuk mengingatkan dan mengajak kepada semua instansi pemerintah daerah yang terkait untuk menjaga pulau-pulau kecil yang ada di NTB, baik yang berpenghuni maupun tidaksebagai aset masa depan Provinsi NTB.

 

Hal tersebut perlu menjadi atensi bersama, agar ada kesamaan data dan langkah serta upayayang akan dilakukan terkait penanganan kedepannya agar tidak bermasalah.

 

“Kami dari Korem akan tetap mensuport Pemerintah Daerah dalam melakukan pengawasan terhadap pulau-pulau kecil yang ada di NTB,” tegasnya.

 

Menurut data dari Kemendagri ada sebanyak 403 pulau-pulau kecil yang ada di NTB, dengan perincian Lombok Barat sebanyak 126 pulau, Lombok Tengah sebanyak 44 Pulau, Lombok Utara sebanyak 3 pulau, Lombok Timur sebanyak 65 pulau, Sumbawa sebanyak 23 pulau, KSB sebanyak 19 pulau, Bima sebanyak 65 pulau dan Dompu sebanyak 58 pulau.

 

“Pendataan ini sudah dilakukan klarifikasi di seluruh Kabupaten/Kota termasuk penamaan pulau-pulau tersebut,” ucapnya.

 

Dengan adanya kesamaan data ini, maka nantinya akan dibentuk Satgas pengecekan terkait kondisi asli dilapangan. Agar dapat dikelola dengan baik untuk masyarakat NTB. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *