Bantu Ekonomi masyarakat dengan Keberadaan Usaha Tambak Budidaya Udang di Desa Labuhan Lombok

  • Bagikan
Gatanews.id  |  Labuhan  – Lombok,Peringgabaya Adanya Tambak Udang di kampung Sandubaya Timur Desa Labuhan Lombok  Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur yang merupakan akan bangun tempat budidaya Udang telah memberikan manfaat yang positif bagi warga sekitar,Selasa (26/07/2022).

Keberadaan Tambak udang tersebut sangat bermanfaat bagi warga setempat, karena yang tadinya menganggur jadi punya pekerjaan,sehingga bisa menghidupi keluarganya,warga yang bekerja di Tambak memiliki penghasilan tetap untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan menyekolahkan anak mereka.

Adi salah satu karyawan Tambak Udang kepada awak media mengatakan,dulunya saya adalah Nelayan tetapi setelah akan di bangunannya tambak ini saya bersama warga lainnya bekerja di sini,jumlah pekerja saat ini ada 110 orang,enam orang karyawan yang dari luar daerah sebagai tenaga ahli,seperti teknisi tambak, selebihnya kami warga disini,alhamdulilah gaji kami juga lumayan dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Cudin,Security Tambak Udang menambahkan, dengan adanya Tambak Udang ini masyarakat sangat terbantu, karena sebagian besar karyawan di Tambak ini warga pribumi yang pastinya bisa mencukupi kebutuhannya.“Alhamdulillah dengan adanya tambak ini kehidupan masyarakat disini jadi lebih baik, selain kami dapat gaji kami juga mendapatkan kontribusi setiap hari raya besar Islam seperti di hari raya idul Fitri dan idul adha,jadi perusahaan tambak ini sangat membantu warga masyarakat,” ungkapnya

Ditempat terpisah,H.Sukarta tokoh masyarakat setempat mengatakan, dirinya sebagai tokoh masyarakat sangat mendukung dengan adanya perusahaan tambak udang di Kampung Sandubaya Timur ini, karena, dengan berdirinya tambak tersebut kesejahteraan di tiga Kampung meningkat.

“Dulu warga disini bekerja sebagai nelayan, buruh tani malahan sebagian bekerja di luar daerah bahkan luar negri seperti ke Malaysia,akan tetapi, setelah berdirinya perusahaan tambak udang ini warga sekitar bisa bekerja di tambak tersebut dengan upah maksimal rata-rata ,” ujarnya

Masih H Sukarta,”Saya sangat mendukung dengan adanya tambak udang ini,sebab, dengan berdirinya tambak udang ini dapat mengurangi pengangguran di desa kami,” tambahnya.

Ditempat terpisah, Manager PT.Panen Berkat Sejahtera Bersama yg akrab di sapa Mas Kiki, saat di konfirmasi mengatakan, ada 30 kolam tambak udang vaname masih tahap penggalian ditempat ini,rata-rata baru 70 persen yg terbentuk masing-masing tambak itu.

“Luas masing masing tambak disini yakni 2000 meter persegi,sekarang baru tahap penggalian. Alhamdulillah situasi hubungan perusahaan dengan masyarakat setempat selama ini kondusif dan berjalan baik, kebanyakan karyawan juga berasal dari warga lokal disini,” kata Mas Kiki.

Ia pun menambahkan,selama berdirinya tambak udang ini pihaknya telah memberikan kontribusi kepada warga di Kampung Kampung sekitarnya.

“Kita sering berikan bantuan kepada masyarakat berupa, sumbangan untuk fasilitas umum, sumbangan PHBI, santunan anak yatim dan kaum duafa serta membagikan sebagian hasil panen udang kepada warga di 3 kampung.yaitu,kampung karang kapitan,kampung Duduk,kampung Padak,”ungkapnya

H.Sukarta berkali kali mengatakan, Saya Mengapresiasi adanya tambak udang di kampung Sandubaya timur yang sudah membantu perekonomian masyarakat disaat pandemi Covid-19 yang lagi bergunjing masalah wabah virus Corona. pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *