PELEPASAN PESERTA KKBM 2021, DIREKTUR POLITANI BERPESAN

GATANEWS.ID,KUPANG-Direktur Politeknik Pertanian Negeri ( Politani) Kupang, Ir Thomas Lapenangga, MS melepas peserta Kemah Kerja Bakti Mahasiswa ( KKBM) Politani Kupang, Jumat(12/11/2021)

Mereka akan melakukan KKBM di Desa Sisi, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka. Kegiatan akan dilaksanakan selama empat hari sejak 15–18 november 2021.

Kegiatan universitas ini mengangkat tema “mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri(Politani)Kupang sebagai agen transformasi pembangunan masyatakat pedesaan”

Dalam sambutannya, Direktur Politani Kupang, Ir Thomas Lapenangga, MS mengungkapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak baik mahasiswa dan dosen yang telah mempersiapkan kegiatan kegiatan ini dapat berjalan.

Menurut Thomas, kegiatan ini dilakukan bukan saja untuk mahasiswa dan semua pihak tahu bahwa ada banyak wilayah di NTT yang tidak jauh berbeda dengan wilayah lain di Indonesia yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

Karena kegiatan ini dikoordinir oleh panitia pelaksana, pihaknya berharap semua komponen tetap tertib dan mengikuti semua arahan dari panitia pelaksana.

“Kegiatan ini merupakan tanggung jawab panitia. Semua kegiatan dikoordinir dan bertanggung jawab penuh adalah panlak. Dan masalah atau apapun harus berkoordinasi dengan pihak kepanitiaan. Saya ingatkan semua berkoordinasi dengan panitia,” Jelasnya.

Pola KKBM yang akan dilaksanakan adalah untuk mengenal karakteristik daerah sekaligus mempromosikan Politani Kupang agar semakin dikenal banyak pihak.

“Dengan kehadiran kita, kita menampilkan hasil kerja kita dari semua prodi. mudah-mudahan menjadi gambaran bahwa Politani Kupang merupakan sekolah pendidikan vokasional yang berkualitas,” Harap Thomas.

Direktur Politani,Thomas Lapenangga,MS juga berpesan agar peserta kegiatan dapat menjaga nama baik almamater saat berkegiatan.

Sementara itu, Wakil Direktur III Bidang kemahasiswaan Politani Kupang, Ir Agustinus Sema, M.Si mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan reguler dan merupakan pengamalan dari pengabdian kepada masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut, para mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat didampingi para dosen.

“politani Kupang dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat apalagi aktivitas kami yang menerapkan pendidikan pola vokasi,” paparnya.

Selama ini, lanjut Agustinus, KKBM sudah dilakukan di berbagai kabupaten di NTT, untuk tahun ini KKBM dilakukan di Kabupaten Malaka yakni Desa Sisi.

Menurut Agus memilih Desa Sisi sebagai tempat KKMB karena di Desa tersebut memiliki krisis Air bersih sehinggah harus penanaman kinservasi di berbagai mata air dan instalasi pipa oleh Jurusan Kehutanan.

Jurusan Peternakan melakukan vaksinasi untuk hewan, sedangkan untuk Jurusan perikanan akan membuat bak sekaligus untuk ikan nila dan ikan lele.

Jurusan Tanaman Pangan melakukan budiadya pertanian secara umum.

Jurusan Manejemen Pertanian Lahan kering(MPLK) akan menganalisis usaha. Pasalnya, di desa tersebut warga membutuhkan perhitungan sederhana dalam analisis usaha.

Agus juga menambahkan, ada pengolahan pakan karena di desa tersebut terdapat limbah jambu menteh. lebih spesifik itu adalah kelimpahan ubi kayu dan pisang maka solusinya adalah pembuatan kripik kepada warga tersebut.(Wahyudi/Gatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *