“KETUHANAN YANG MAHA ESA”

  • Bagikan

Padang-Gatanews,(Prof.Prayitno,M.Sc.Ed)1.Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa,sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusian yang adil dan beradap.
3.Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
4.Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
5.Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
6.Mengembankan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.(B. KEMANUSIAN YANG ADIL DAN BERADAB) 8.Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makluk Tuhan Yang Maha Esa.
9.Mengakui persamaan derajat,persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia,tanpa membeda-bedakan suku,keturunan,agama,kepercayaan,jenis leaning, kedudukan social, warna kulit dan sebagainya.
10.Mengembankan sikap saling mencintai sesama manusia.11.Mengembankan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
12.Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
13.Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian.
14.Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
15.Berani membela kebenaran dan keadilan.
16.Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
17.Mengembankan sikap hormat-menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.(Prof.Prayitno,M.Sc.Ed.)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *