oleh

Pemerintah Aceh Gelar Musabaqah Qiraatil Kutub Ke-2 Tahun 2021 Di UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh

Banda Aceh – Gatanews.id l Pelaksanaan Musabaqah Qiraatul Kutub II di pusatkan di UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh, yang beralamat di Jalan T. nyak Arif No. 128, Banda Aceh dari tanggal 12-17 Oktober 2021.

Musabaqah Qiraatul Kutub merupakan lomba membaca kitab klasik berbahasa Arab yang biasa disebut dengan kitab kuning kemudian menerjemahkannya lalu menjelaskan isi yang terkandung, kegiatan ini juga ajang kaum santri dalam memasyarakatkan kitab kuning kepada khalayak ramai sebagai khazanah keilmuan yang harus terus di jaga dan di budayakan di tengah masyarakat.

Pelaksanaan Musabaqah Qiraatul Kutub di UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh memperlombakan 10 cabang, yang venuenya tersebar di lingkungan UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh, dari halaman depan Mesjid Al-Mabrur UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh samapai di belakang Gedung Aula Jeddah.

380 peserta yang mengikuti kegiatan Musabawah Qiraatul Kutub berasal dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Aceh, dan sudah 20 kabupaten/Kota yang sudah mendaftar ke panitia, pendaftaran & verifikasi peserta dibuka dari tanggal 12-13 Oktober 2021 di Gedung Madinatul Hujjah UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh.

Banner Iklan Aruna

Seromonial acara pembukaan Musabaqah Qiraatul Kutub di rencanakan ba’da Isya di Gedung Aula Misfalah. Di jadwalkan yang membuka adalah Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT, berhubung Gubernur Aceh dalam keadaan berhalangan tetap dan di rawat di RSCM Jakarta, maka akan di wakilkan oleh Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, yang juga menyempatkan berkunjung untuk meninjau langsung persiapan kepanitiaan dan kesiapan peserta Musabaqah Qiraatul Kutub pada Rabu (13/10/2021)

Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh, Drs. H. Ali Amran, MM Dt Rajo nan Endah berterima kasih kepada pemerintah Aceh karena mempercayakan UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Musabaqah Qiraatul Kutub, yang akan berlangsung dari tanggal 12-17 Oktober 2021, Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh, Drs. H. Ali Amran, MM Dt Rajo nan Endah berharap dengan adanya Musabaqah Qiraatul Kutub ini dapat memotivasi santri untuk meningkatkan penguasaan kandungan kitab kuning.

Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh, Drs. H. Ali Amran, MM Dt Rajo nan Endah menyampaikan bahwa kegiatan Musabaqah Qiraatul Kutub ini juga untuk meningkatkan peran dayah sebagai Lembaga pendidikan Islam yang menghasilkan calon-calon ulama yang akan berkiprah langsung di tengah masayarakat serta dapat mengambil peran dalam menjawab segala persoalan ummat nantinya, tutup Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh, Drs. H. Ali Amran, MM Dt Rajo nan Endah. (Rizki M)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.