Binkam  

Wisuda S-1 Pariwisata Perdana, Jadi Sejarah Baru STP Mataram Dalam Support WSBK Dan MotoGP

Mataram, Gatanews.id, STP Mataram membuat sejarah baru menjadi institusi pertama mewisuda lulusan strata-1 (S1) Pariwisata. 71 lulusan dari 356 wisudawan perdana S-1 pariwisata ini berkiprah di ajang World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika-Lombok Tengah, NTB. Selain berbekal ilmu pengetahuan (knowlage), dan keterampilan (skill), wisudawan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) juga kenyang dengan pengalaman (experience).

Ketua STP Mataram, Halus Mandala, menjamin, lulusan sekolah tinggi siap kerja. “Saya jamin, lulusan STP Mataram siap menghadapi dunia kerja. Kami sudah membekali mahasiswa kami dengan ilmu dan wawasan. Keterampilan, sikap, sigap dan kaya akan pengalaman. Bekal ilmu dan pengalaman ini, menjadikan siswa terampil di bidangnya masing-masing,” ucap Halus Mandala memberi garansi.

Wisuda perdana S1 pariwisata STP Mataram, digelar Sabtu (25/9) di Rinjani Agung Ballroom Lombok Vagansa Hotel di Mataram secara langsung dan via zoom. Pihak Hotel Lombok Vaganza membatasi kehadiran pengantar dan orang tua wisudawan dengan protokol kesehatan yang ketat. Wisuda berlangsung khidmat dan meriah di depan sidang terbuka senat STP Mataram. “Wisudawan tidak boleh diantar keluarga atau rombongan pengantar. Keluarga bisa menyaksikan langsung via zoom. Tanpa mengurangi makna penyelenggaraan wisuda di hadapan orang tua wisudawan, mereka bisa menyaksikan via zoom,” tegas Halus Mandala.

Inilah kebanggaan kami, lanjut Halus Mandala. Di NTB ini baru kami yang berhasil melepas mahasiswa kami sebagai lulusan S-1 Pariwisata pertama. Ini tidak membanggakan, tapi lulusan kami adalah sumber daya yang siap kerja. Siap mempromosikan NTB. Kami berharap seluruh sumber daya yang kami hasilkan ini bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh pemerintah dan insan industri pariwisata di mana saja di tanah air maupun internasional.

Ke-356 wisudawan ini terdiri dari 71 mahasiswa S-1 Pariwisata, 34 orang program 1 tahun, D-III Perhotelan sejumlah 224 orang dan 27 diantaranya lulusan D-III Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

Tampil sebagai wisudawan terbaik S-1 Paeiwisata, Putri Ayu Marta Tila’ar dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3, 94 atau predikat cumlaude. Putri bungsu dari tiga bersaudara ini, mengaku bangga menyandang lulusan terbaik di STP Mataram. Putri berharap ilmu dan pengalamannya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Nusa Tenggara Barat (NTB). “Saya ingin mengabdikan diri untuk kemajuan dan NTB. Saya bangga dengan almamater saya yang telah memberi saya banyak ilmu dan pengalaman,” ujar wisudawan asal Dompu ini bangga.

Salah satu prestasi dan pengalaman terbaik Putri adalah pernah meraih juara 1 memasak tingkat nasional di Istana Negara-Jakarta. “Menjadi kebanggaan tersendiri. Saya pernah tampil dalam lomba memasak di Istana Kepresidenan yang disaksikan dan dicicipi Presiden RI Joko Widodo,” imbuh Putri bangga.

Selain Putri, wisudawan terbaik D-III UPW adalah Joni Fitrianto. Joni menjadi wisudawan terbaik dengan IPK 4.00. Joni menjadi perhatian senat saat tampil mewakili wisudawan mengucap janji dan ikrar. Joni menjadi perhatian banyak pihak berkat prestasi yang berhasil ditoreh sebagai yang terbaik di program studi (prodi)-nya. (01)

Senat STP Mataram, Putri Ayu Marta Tila’ar, wisudawan terbaik prodi pariwisata (dari atas sesuai arah jarum jam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *