oleh

Mengenal Tiga Destinasi Wisata Unik dan Menarik di Pulau 1001 Masjid

Gatanews.id, Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Pada tahun 2009, urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditas minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Berdasarkan data tahun 2016, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar 11.525.963 juta lebih atau tumbuh sebesar 10,79% dibandingkan tahun sebelumnya.
Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia. Alam Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 yang 6.000 di antaranya tidak ada, serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa.Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar dan berpenduduk terbanyak di dunia.Pantai-pantai di Bali, tempat menyelam di Bunaken, Gunung Rinjani di Lombok, dan berbagai taman nasional di Sumatra merupakan contoh tujuan wisata alam di Indonesia. Tempat wisata yang didukung dengan warisan budaya yang kaya yang mencerminkan sejarah dan keragaman etnis Indonesia yang dinamis dengan 719 bahasa daerah yang dituturkan di seluruh kepulauan tersebut. Candi Prambanan dan Borobudur, Toraja, Yogyakarta, Minangkabau, dan Bali merupakan contoh tujuan wisata budaya di Indonesia. Hingga 2010, terdapat 7 lokasi di Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia. Sementara itu, empat wakil lain juga ditetapkan UNESCO dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia yaitu wayang, keris, batik dan angklung.
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, sebelas provinsi yang paling sering dikunjungi oleh para turis adalah Bali sekitar lebih dari 3,7 juta disusul, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan , Banten dan Sumatra Barat.] Sekitar 59% turis berkunjung ke Indonesia untuk liburan, sementara 38% untuk tujuan bisnis. Singapura dan Malaysia adalah dua negara dengan catatan jumlah wisatawan terbanyak yang datang ke Indonesia dari wilayah ASEAN. Sementara dari kawasan Asia (tidak termasuk ASEAN) wisatawan Tiongkok berada di urutan pertama disusul Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan India. Jumlah pengunjung terbanyak dari kawasan Eropa berasal dari Britania Raya diusul oleh Belanda, Jerman dan Prancis.
Pengelolaan kepariwisataan, kebijakan nasional, urusan pemerintahan di bidang kebudayaan dan kepariwisataan di Indonesia diatur oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia.

Banyak dari potensi wisata yang ada di Indonesia terutama yang ada di Nusa Tenggara Barat kurang maksimal dalam pengelolaan dan pengembangannya. Salah satu objek wisata yang pengelolaan dan pemasarannya kurang maksimal terletak di Kabupaten Lombok Utara, di antaranya ;
Wisata Air terjun
Salah satu destinasi wisata terbaik yang menjadi daya Tarik utama wisatawan adalah Air terjun.
Wilayah geografis Kabupaten Lombok Utara yang berbukit bukit membuat banyak sekali kita jumpai air terjun air terjun tersembunyi yang memiliki keindahan yang tak kalah jauh dengan wisata yang lain.
Salah satu wisata air terjun yang menjadi rekomendasi buat kalian yang ingin menyegarkan dan ingin menghilangkan penatnya kota bisa mengunjungi air terjun yang ada di Kabupaten Lombok Utara yaitu Air Terjun Sekeper,Tiu Teja, Tiu bombing, dan masih banyak lagi air terjun yang bis akita kunjungi.
Rute yang ditempuh dari setiap air terjun menawarkan keindahan alam yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri dari segi trek yang menantang sampai dengan trek yang cukup panjang.
Namun rekomendasi track yang terbaik jatuh kepada air terjun Sekeper. Karena perjalanan yang ditempuh memang sangat jauh nan terjal, namun semua itu terbayar dengan pemandangan di setiap sudut perjalanan yang sangat indah.
Sejak awal perjalanan kita sudah di suguhkan dengan pemandangan bukit nan indah, tebing dan lembah yang sangat memanjakan mata. Selain itu suara burung dan hewan lainnya membuat pikiran menjadi tenang dan juga tumbuhan tumbuhan liar yang menambah kesan damai dan tenang selama perjalanan.
Wisata Kebudayaan dan sejarah
Banyak dari teman kita bahkan keluarga kita tidak terlalu suka dengan wisata alam biasanya karena tidak suka berjalan jauh atau tidak mau capek. Maka wisata budaya dan sejarah menjadi solusinya.


Selain kaya akan sumber daya alam, Kabupaten Lombok Utara juga memiliki segudang budaya dan sejarah salah satunya adalah Masjid Loqaq yang terletak di Desa Sesait kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara.
Masjid Loqaq yang ada di Desa Sesait ini memiliki hubungan erat dengan Masjid yang berada di bayan karena memang pusat penyebaran islam pada awalnya berasal dari desa Sesait ini.
Kebudayaan yang ada di desa sesait ini pun menjadi sebuah keunikan tersendiri dan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu kebudayaannya adalah dalam merayakan maulid Nabi Muhammad SAW.
Dalam merayakan kelahiran baginda Rasulullah, masyarakat Sesait melakukan beberapa rangkaian kegiatan yang salah satunya adalah Bisoq Beras. Ini merupakan rangkaian kegiatan yang para wanita Desa berjalan beriringan dengan membawa beras di kepala dan membawanya ke tempat-tempat yang dianggap sakral. Setelah Lelah mengelilingi keindahan ciptaan ciptaan Tuhan, maka kita perlu mengisi perut kosong karena sepanjang penjelajahan wisata yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Nah ada banyak kuliner khas Lombok utara yang akan membuat lidah kalian bergoyang dan akan melihat makanan tersebut.
Kegiatan yang sangat menarik ini tentu membuat Anda menyukai sesuatu yang berbau sejarah dan budaya menjadi tertarik menuju desa Sesait bukan?
Wisata Kuliner Salah satu makanan yang menjadi daya Tarik wisata yang ada di Kabupaten Lombok Utara adalah Sate Tanjung, Pangan dan Abuk. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas yang ada di Kabupaten Lombok Utara namun masih sulit bagi kita karena keterbatasan waktu untuk menemukan makanan tersebut.

Sate Tanjung menjadi makanan khas pertama yang menjadi rekomendasi kami karena sate ini terbuat dari bahan yang cukup unik yakni parutan daun kelapa. Inilah yang menjadikan sate ini memiliki citarasa yang unik dan nikmat terutama saat dinikmati dengan nasi hangat.
Selanjutnya ada Pangan. Makanan ini mungkin terdengar, saat ini akan membuat lidah dan tangan Anda tak henti-hentinya bertemu dengan makanan khas ini.
Pangan sendiri terbuat dari beberapa bahan salahsatunya gula merah dan lain-lain. T
tekstur Dari Pangan Sendiri menghambat sama DENGAN dodol namun bedanya disini Pangan Sedikit LEBIH keras namun Saat MASUK Ke Mulut tekstur tersebut Berubah Menjadi Lembut Dan manis.
Jadi gimana teman teman, apakah kalian tertarik untuk menjelajahi wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat khusunya Kabupaten Lombok Utara? tulis pendapat kalian di kolom komentar ya.

Banner Iklan Aruna

Oleh : Jazera Alfani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.