oleh

5 Destinasi Wisata Pantai di Lombok Tengah, Dapat Dikunjungi Saat Pandemi

Gatanews.id, Pantai merupakan salah satu destinasi wisata andalan masyarakat Lombok, khususnya di Lombok Tengah yang memiliki banyak pantai dengan lokasi terdekat. Utamanya, saat pandemi seperti ini wisatawan mencari lokasi menyegarkan yang bebas keramaian, tentu saja pantai di Lombok Tengah dapat menjadi solusinya.
Berikut 5 pilihan destinasi wisata pantai terbaik di Lombok Tengah yang dapat dikunjungi saat pandemi.

Kuta mandalika

Kuta mandalika, Pantai yang sarat akan legenda. Nama mandalika diambil dari cerita legenda yang berasal dari kalangan masyarakat setempat, yaitu seorang putri yang sangat cantik bernama mandalika. Bukan hanya legendanya saja yang menarik, tetapi keindahan pantainya juga dapat dijadikan opsi untuk berwisata ditengah pandemi ini.
Pantai kuta mandalika hadir dengan bentang alam yang sangat cantik yang tidak kalah dengan keindahan yang bisa ditemukan di Pantai Kuta Bali. Pasir putih yang memanjakan mata juga dijadikan pilihan untuk berfoto.
Kuta mandalika juga menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang telah diresmikan oleh Presiden. Pada tahun 2021 ini juga akan berlangsung pegelaran internasional yaitu MotoGP. Dengan adanya program ini, tentu Kawasan disekitar Kuta mandalika mendapat perhatian khusus terutama pada fasilitas umum. Pantai Kuta mandalika juga telah menyediakan fasilitas bermain untuk anak-anak. Terdapat sebuah pelataran luas, untuk bermain skateboard anak-anak, bangku untuk duduk, dan lampu penerangan di malam hari. Anak-anak akan senang bermain di pantai ini. Dengan demikian, pantai ini sangat cocok, untuk liburan Anda bersama keluarga.

Banner Iklan Aruna

Tanjung aan dan bukit merese

 

Pantai Tanjung Aan ini menjadi salah satu destinasi favorit juga. Garis pantai yang sangat Panjang dengan pasir putih seperti “merica” menjadikan pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi. Ombak di pantai ini cukup tenang untuk bermain air sehingga cocok untuk destinasi bersama keluarga besar.


Selain menyajikan pemandangan laut yang indah, Pantai Tanjung Aan juga dikelilingi perbukitan yang hijau dan indah. Salah satunya adalah Bukit Merese. Momen favorit atau yang biasanya paling ditunggu saat berkunjung ke Bukit Merese adalah saat matahari terbit dan terbenam.
Karena keindahannya itu, Bukit Merese kerap dijadikan tempat untuk mengabadikan momen spesial seperti prawedding atau tempat hunting pecinta fotografi. Panduan pemandangan bukit hijaunya dengan lautan biru di belakang membuat siapa saja akan kagum dengan keindahannya.

Pantai Seger


Tidak jauh dari Tanjung Aan dan Bukit Merese, kita akan menemukan salah satu pantai yang tak kalah indah dan bersejarah, Pantai Seger. Pantai Seger ini merupakan pantai favorit di wilayah Lombok Tengah bagian selatan karena memiliki struktur alam yang unik dan sangat indah. Mulai dari gugusan bukitnya yang beragam bentuk, pantainya yang berpasir putih, karang yang masih terjaga dan ombaknya yang menjadi favorit para surfer, menambah daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Di bagian utara pantai ini juga terdapat monumen Putri mandalika yang sering dijadikan tempat foto-foto wisatawan yang berlibur ke Pantai Seger. Monumen ini juga menjadi ikon pantai yang, mengingat bahwa di sinilah awal mula munculnya kisah Putri mandalika yang terkenal hingga saat ini.
Putri mandalika adalah seorang putri kerajaan yang sangat cantik. Dengan parasnya yang sangat cantik, membuat pangeran ingin memilikinya bahkan ingin menikahi banyaknya. Singkat cerita, saking baik hati dan tidak ingin menyakiti hati yang disukai, Putri mandalika menjatuhkan dirinya ke laut dan seketika berubah menjadi Nyale (cacing laut yang berwarna-warni). Sekarang peristiwa tersebut dikenang dengan adanya tradisi masyarakat setiap tahun yaitu “Bau Nyale“, artinya ‘menangkap Nyale’.

Pantai Selong Belanak


Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai yang panjang, pasir putih yang halus dan sunset yang menawan. Pantai ini kerap dijadikan tempat belajar selancar baik oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. Kecantikan Selong Belanak juga sering diburu oleh para fotografer landscape dan prewedding.
Di balik semua keindahan di sana, ada satu hal yang sangat ditunggu oleh para wisatawan. Barisan kerbau yang akan pulang ke kandang setelah seharian mencari makan dihela oleh pengembalanya melewati garis pantai yang ramai oleh pengunjung, yang sedang menunggu matahari terbenam.

Pantai Mawun

Pantai yang terakhir yang tak kalah menariknya adalah Pantai Mawun. Pantai ini merupakan bagian dari teluk. Garis pantainya berbentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Pantainya juga berpasir putih, serta bertekstur lembut di pantai bagian tengah. Sedangkan di bagian sisi Barat, pasirnya bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan karang.
Anda juga bisa menjelajahi kedua bukit yang ada di kedua sisi, yaitu sisi Barat dan sisi Timur. Dari bukit tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan cakrawala Samudra Hindia, jajaran perbukitan, serta garis pantai termasuk Pantai Mawun dari ketinggian.

Untuk Anda yang hendak berlibur sekeluarga, tidak perlu khawatir akan keramaian, karena 5 pantai merupakan pantai yang luas dan memiliki banyak tempat menarik untuk disinggahi. Begitupula dengan akses jalan menuju pantai, saat weekdays maupun weekend bebas dari kemacatan, kecuali saat ada acara tertentu. Beruntungnya, anda dapat mengunjungi 5 pantai tersebut sekaligus, karena lokasinya yang berdekatan, hanya membutuhkan waktu 15-45 menit dari satu pantai ke pantai lainnya. Menarik bukan?
Nah, dari ke 5 pantai di atas tujuan liburan anda berikutnya ? Pantai manapun pilihan anda selalu menggunakan protokol kesehatan dan jaga kebersihan.

Oleh Lale Sukmariyani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.