Mengalami Gangguan Psikologis? Ini Solusinya

  • Bagikan

Mataram, Gatanews.id – Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai dampak yang merata bagi masyarakat. Tidak hanya terhadap kesehatan fisik, namun juga dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Menurut WHO (2020), masalah kesehatan mental yang terjadi pada pandemi Covid-19 disebabkan oleh meningkatnya stres individu dan kecemasan (anxiety). Diketahui meningkatnya stres dan kecemasan ini disebabkan oleh penyebaran informasi media sosial yang tidak akurat dan cenderung berlebihan, informasi anggota keluarga dan/atau tetangga yang meninggal baik dikarenakan Covid-19 ataupun penyebab lainnya, perubahan rutinitas dan pembatasan aktifitas yang turut mempengaruhi kondisi ekonomi dan finansial, dan lain sebagainya.

Kabar baik datang dari BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT (BNNP NTB), melalui langkah-langkah inovatifnya berhasil meluncurkan Layanan Psikologi Gratis (LPG) yang dikenal sebagai LPG-Plus pada Jumat, 3 Septermber 2021 kemarin.
“LPG-Plus memang didesain salah satunya untuk menyikapi Pandemi Covid -19. Namun tujuan utamanya adalah meningkatkan layanan kepada masyarakat sesuai dengan pembangunan Zona Integritas yang telah dicanangkan BNN Provinsi NTB pada tahun 2020,” ungkap Brigjen. Pol. Gagas Nugraha, SH, SIK, MM, MH.

Gagas juga menjelaskan bahwa BNNP NTB melibatkan 13 pegawai profesional yang terdiri dari 5 psikolog klinis, 4 konselor adiksi BNNP NTB, 3 petugas konsultasi perawatan Covid-19 dan 1 dokter umum untuk pelayanan kesehatan umum. 13 tenaga profesional tersebut dicatut agar LPG-Plus dapat memberikan layanan yang benar-benar prima bagi masyarakat sekitar.
“Sejak dibuka tanggal 3 September 2021 kita sudah menerima 4 orang klien. Sejauh ini belum ada kendala yang dihadapi, tapi kita masih mengusahakan perluasan penyebaran informasi program LPG-Plus ke masyarakat luas,” imbuh Gagas saat ditanyai progress LPG-Plus Senin lalu (6/9).

Alur pelayanan LPG-Plus tidak berbelit-belit, masyarakat cukup menghubungi melalui chat yang tesedia dan menunggu antrian. Masing-masing diberikan waktu 30 menit untuk menggunakan layanan dan diberikan kesempatan untuk memberi penilaian terhadap layanan tersebut. Jam pelayanan LPG-Plus dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore hari. Layanan hanya diberikan melali chat saja, sementara itu untuk video call atau telepon berdasarkan tingkat urgensi yang ditentukan oleh petugas. Selain itu, masyarakat tidak perlu khawatir karena kerahasiaan data atau privasi dijamin oleh pihak BNNP NTB.

Melalui layanan ini BNN Provinsi NTB berupaya memberikan kontribusi penanganan Covid-19, khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan mental. Selain itu, layanan ini juga diharapkan dapat memberi langkah pencegahan penyalahguaan narkotika di masa pandemi dan akses layanan BNNP NTB lebih dikenal serta lebih dekat dengan masyarakat NTB.

Untuk mendapatkan layanan psikoligis gratis dari BNNP NTB, mayarakat bisa menghubungi 085238944442 atau mengaksesnya di akun instagram@infobnn_prov_ntb.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *